Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan murottal Al-Qur’an terhadap perkembangan emosional anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan jenis eksperimen dan menggunakan desain one-group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah kelompok B1 di TK Al-Hikmah Kota Pagar Alam. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Setelah dilakukan pre-test dan post-test serta analisis terhadap seluruh hasil penelitian, diperoleh nilai t-hitung sebesar 3,311 dan t-tabel sebesar 2,145. Karena t-hitung t-tabel (3,311 2,145), maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat pengaruh penggunaan murottal Al-Qur’an terhadap perkembangan emosional anak usia 5–6 tahun di TK Al-Hikmah Kota Pagar Alam.
Copyrights © 2025