JURNAL ILMIAH CAHAYA PAUD
Vol 7, No 1 (2025): Jurnal Ilmiah Cahaya Paud (Edisi Mei)

Meningkatkan Kemampuan Konsep Bilangan Melalui Media Roda Putar Pada Anak Usia 4-5 Tahun

Jannah, Aisyah Nur (Unknown)
Muzaqi, Sugito (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsep bilangan anak usia dini melalui media roda putar di TK 17 SAKTI Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif deskriptif, yang mana peneliti mendeskripsikan hasil observasi dari siklus I sampai siklus II dengan menggunakan teknik persentase. Observasi yang dilakukan untuk mengamati tingkat konsep bilangan anak yang dilakukan dengan baik dengan menggunakan media roda putar. Hasil penelitian observasi yang dilakukan adalah pada kegiatan prasiklus nilai persentase yang didapat adalah 28% (kategori kurang), dalam meningkatkan konsep bilangan pada siklus I menggunakan media roda putar hasil persentase observasi mengalami peningkatan sebesar 65% (kategori cukup), penelitian dilanjutkan pada siklus II dikarenakan hasil persentase observasi belum mencapai target yakni 75 %. Pada siklus II dilakukan penerapan metode kelompok, dalam tindakan siklus II ini angka persentase mengalami kenaikan yang cukup signifikan yakni sebesar 80% (kategori sangat baik). Dari hasil siklus II penelitian ini dinyatakan telah berhasil karena angka persentase telah melampaui 75 %.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cahayapd

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Jurnal Ilmiah Cahaya Paud adalah jurnal hasil penelitian lapangan, studi teoritis, ide-ide kreatif-inovatif, solutif, untuk masalah pendidikan anak usia dini dan pengembangan pengetahuan. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud adalah Jurnal bidang ke-paud-an yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Anak ...