MULTINETICS
Vol. 11 No. 1 (2025): Vol. 11 No. 1 (2025): MULTINETICS Mei (2025)

Media Pembelajaran Interaktif Augmented Reality untuk Materi Substansi Genetika pada Siswa SMA Berbasis Model ADDIE

Nasrullah, Muchamad Fajri Amirul (Unknown)
Octaviani, Intan (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality (AR) yang dirancang khusus untuk mendukung proses belajar mata pelajaran Biologi, dengan fokus pada materi substansi genetika. Target utama dari aplikasi ini adalah siswa kelas XII di SMAIT Ulil Albab Batam, dengan harapan dapat meningkatkan pemahaman konseptual mereka terhadap materi genetika yang abstrak serta menumbuhkan minat belajar yang lebih tinggi melalui media yang menarik dan inovatif. Dalam proses pengembangannya, penelitian ini menggunakan model pengembangan instruksional ADDIE yang mencakup lima tahapan, yaitu: Analysis (analisis kebutuhan dan karakteristik siswa), Design (perancangan konten dan interaksi pengguna), Development (pengembangan aplikasi dengan teknologi AR dan pemrograman 3D), Implementation (penerapan aplikasi di lingkungan belajar), serta Evaluation (penilaian efektivitas dan usabilitas aplikasi). Aplikasi ini menampilkan visualisasi objek 3D dari materi genetika seperti DNA, RNA, kromosom, dan proses replikasi, transkripsi, serta translasi, yang dipadukan dengan penjelasan ringkas berbasis teks dan audio. Selain itu, disediakan kuis interaktif untuk mengukur pemahaman siswa setelah mempelajari materi. Evaluasi usability dilakukan dengan instrumen System Usability Scale (SUS) terhadap 36 siswa, yang menghasilkan skor rata-rata sebesar 77,2. Skor ini termasuk dalam kategori Grade B, yang menunjukkan bahwa aplikasi tersebut dinilai baik dan dapat diterima oleh pengguna. Hasil keseluruhan penelitian mengindikasikan bahwa media pembelajaran AR ini efektif, relevan, dan mampu meningkatkan pemahaman serta ketertarikan siswa terhadap materi genetika secara signifikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

multinetics

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Multinetics is a peer-reviewed journal is published twice a year (May and November). Multinetics aims to provide a forum exchange and an interface between researchers and practitioners in any computer and informatics engineering related field. Scopes this journal are Content-Based Multimedia ...