Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pemeliharaan bahan pustaka di Perpustakaan SD Negeri 12 Rambang, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan penelitian adalah Kepala Sekolah, Kepala Perpustakaan, dan Staf Perpustakaan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pemeliharaan bahan pustaka cukup baik, dengan indikator seperti koordinasi dalam pengumpulan dan pemilahan buku rusak, pendataan, perawatan, perbaikan buku rusak ringan, serta shelving. Namun, pelaksanaan belum maksimal karena tidak melibatkan pihak ketiga dalam perbaikan buku rusak berat. Faktor pendukung meliputi fasilitas perpustakaan yang memadai dan kerjasama yang baik antarpegawai. Faktor penghambatnya adalah kurangnya pemahaman siswa dalam menjaga buku dan minimnya sumber daya manusia yang kompeten di bidang perpustakaan.
Copyrights © 2025