Penelitian ini dilaksanakan di Perpustakaan Umum Jakarta Cikini dengan topik tingkat kualitas layanan sirkulasi di Perpustakaan Umum Jakarta Cikini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kualitas layanan sirkulasi di Perpustakaan Umum Jakarta Cikini, dilakukan dengan cara menggunakan tiga dimensi dan indikator kualitas layanan pada metode LibQUAL+TM tanpa mengukur gap (perceived, minimum, desired) yaitu kemampuan dan sikap pustakawan dalam melayani (Affect of Service), kontrol informasi (Information Control), dan suasana ruang perpustakaan (Library as Place). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kualitas layanan sirkulasi di Perpustakaan Umum Jakarta Cikini yaitu Sangat Tinggi dengan hasil skor rata-rata 3,44 yang berada pada skala interval 3,26 – 4,00 yang artinya Sangat Tinggi. Dengan rincian tingkat kualitas layanan sirkulasi terhadap kemampuan dan sikap pustakawan dalam melayani (Affect of Service) 3,48 (sangat tinggi), kontrol informasi (Information Control) 3,47 (sangat tinggi), dan fasilitas dan suasana ruang perpustakaan (Library as Place) 3,39 (sangat tinggi). Secara keseluruhan tingkat kualitas layanan sirkulasi di Perpustakaan Umum Jakarta Cikini adalah Sangat Tinggi yaitu dengan skor rata-rata keseluruhan dari dimensi dan indikator-indikator kualitas layanan sirkulasi adalah 3,44. Maka, Perpustakaan Umum Jakarta Cikini sudah memenuhi variabel kualitas layanan diantaranya kemampuan dan sikap pustakawan dalam melayani (Affect of Service), kontrol informasi (Information Control), dan suasana ruang perpustakaan (Library as Place).
Copyrights © 2025