Perilaku picky eater merupakan fenomena masalah makan yang sering ditemukan pada anak prasekolah dan hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, baik internal maupun eksternal. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara pola asuh dan pengetahuan ibu tentang gizi dengan perilaku picky eater pada anak prasekolah. Metode: Desain penelitian ini adalah cross-sectional dengan menggunakan instrumen Parenting Styles and Dimensions Questionnaire–Shot Form (PSDQ-SF), instrumen pengetahuan ibu tentang gizi, dan instrumen Child Eating Behaviour Questionnaire (CEBQ) dan telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 159 responden yang dipilih dengan teknik multistage sampling di Jakarta Selatan dan dilakukan pada bulan Februari–April 2024. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji chi square, uji Fisher exact, dan uji Mann Whitney. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas orang tua, yaitu sebanyak 83%, menerapkan pola asuh demokratis. Tingkat pengetahuan ibu mengenai gizi yang baik mencapai 57,9%. Sementara itu, prevalensi perilaku picky eater pada anak prasekolah tercatat sebesar 23,3%. Selain itu, berdasarkan hasil penelitian ini juga dapat diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh (p value < 0,05) dan pengetahuan ibu tentang gizi (p value < 0,05) dengan perilaku picky eater pada anak prasekolah. Diskusi: Pola asuh yang tepat dan pengetahuan ibu yang baik tentang gizi akan berhubungan dengan perilaku picky eater pada anak, begitupun sebaliknya. Kesimpulan: Terdapat hubungan pola asuh dan pengetahuan ibu tentang gizi dengan perilaku picky. Diperlukan penerapan pola asuh yang tepat dan sebaiknya ibu memiliki pengetahuan tentang gizi yang baik untuk mendukung perkembangan pola makan sehat anak. Kata Kunci: anak usia prasekolah, gizi, ibu, orang tua, pengetahuan, picky eater, pola asuh Correlation Between Parenting Styles and Maternal Nutritional Knowledge with Picky Eater Behavior in Preschool-Aged Children ABSTRACT  Picky eater behavior is a common feeding problem observed in preschool-aged children and may be influenced by both internal and external factors.  Research Objective: This study aims to identify the correlation between parenting styles and maternal knowledge of nutrition with picky eater behavior in preschool-aged children.  Methods: A cross-sectional research design was employed, utilizing the Parenting Styles and Dimensions Questionnaire – Short Form (PSDQ-SF), a maternal nutrition knowledge questionnaire, and the Child Eating Behaviour Questionnaire (CEBQ), all of which have been tested for validity and reliability. The study involved 159 respondents selected through multistage sampling in South Jakarta and was conducted between February and April 2024. Hypothesis testing was performed using the Chi-square test, Fisher's exact test, and the Mann-Whitney U test.  Results: The findings revealed that the majority of parents (83%) adopted a democratic parenting style. A total of 57.9% of mothers demonstrated a good level of nutritional knowledge. The prevalence of picky eater behavior among preschool children was recorded at 23.3%. Furthermore, the results indicated a significant correlation between parenting style (p < 0.05) and maternal nutritional knowledge (p < 0.05) with picky eater behavior in preschool-aged children.  Discussion: Appropriate parenting styles and adequate maternal nutritional knowledge are associated with picky eating behavior in children. Conversely, inappropriate parenting and insufficient knowledge may contribute to the development of such behavior.  Conclusion: There is a significant correlation between parenting styles and maternal knowledge of nutrition with picky eater behavior. The implementation of appropriate parenting practices and improved maternal nutritional knowledge are essential to support the development of healthy eating patterns in children.  Keywords: Preschool-aged children, nutrition, maternal, parents, knowledge, Picky eater, parenting styles
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025