Jurnal Pengabdian Inovasi dan Teknologi Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 1 (2025)

Pemberdayaan Siswa Melalui Sosialisasi Ecoprint sebagai Media Pembelajaran Kreatif dan Berbasis Lingkungan

Julaeha (Unknown)
Romi Adiansyah (Unknown)
Erwing (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Apr 2025

Abstract

Sekolah Dasar Inpres Borong Ganjeng menghadapi permasalahan rendahnya pemanfaatan bahan alami dalam pembelajaran seni serta kurangnya kreativitas siswa dalam menciptakan karya berbasis lingkungan. Pewarnaan tekstil masih bergantung pada bahan kimia yang berdampak negatif terhadap kesehatan dan lingkungan. Program pengabdian ini memperkenalkan teknik ecoprint sebagai alternatif pewarnaan kain yang ramah lingkungan untuk meningkatkan kreativitas siswa. Kegiatan ini menggunakan pendekatan partisipatif dengan melibatkan siswa dalam penyampaian materi, praktik pembuatan motif, serta evaluasi keterampilan. Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman siswa terhadap ecoprint sebesar 60%, peningkatan kreativitas dalam menciptakan motif sebesar 55%, dan peningkatan keterampilan motorik halus sebesar 50%. Kendala yang dihadapi antara lain keterbatasan waktu dan variasi warna dari bahan alami yang digunakan. Kesimpulannya, ecoprint terbukti efektif sebagai media pembelajaran seni yang ramah lingkungan dan dapat dikembangkan lebih lanjut dengan mengintegrasikannya ke dalam kurikulum sekolah serta melibatkan guru dan orang tua guna mendukung pembelajaran yang lebih berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JUDISTIRA

Publisher

Subject

Arts Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pengabdian Inovasi dan Teknologi Kepada Masyarakat - JDISTIRA adalah sebuah jurnal blind peer-review yang didedikasikan untuk publikasi hasil pengabdian yang berkualitas. Diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun pada bulan Mei dan November oleh Yayasan Rahmatan Fiddunya Wal Akhirah dalam ...