Sebagai sentra pendukung terhadap proses pembelajaran siswa, perpustakan tentu memiliki peran penting dalam proses maksimalisasi aktifitas belajar siswa. Oleh karena itu untuk mencapai tujuan tersebut perpustakaan SMA Negeri 7 Makassar memerlukan langkah-langkah konkrit untuk peningkatan tatakelola perpustakaan. Pengabdian ini diharapkan memberikan dampak yang lebih maksimal terhadap peningkatan tatakelola perpustakaan di SMA Negeri 7 Makassar. Pengabdian ini menggunakan metode pendampingan langsung untuk memaksimalkan peningkatan tatakelola perpustakaan di SMA Negeri 7 Makassar dari seluruh aspek, mulai dari fasilitias maupun tata Kelola koleksi. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan dampak positif yang signifikan dalam meningkatkan tata kelola perpustakaan. Pengelola perpustakaan berhasil menyusun sistem administrasi yang lebih terstruktur, dengan pembuatan buku induk, katalog koleksi menggunakan sistem Dewey Decimal Classification (DDC), serta penerapan sistem sirkulasi peminjaman yang lebih tertib. Selain itu, dari pendampingan yang diberikan kepada pustakawan meningkatkan kapasitas mereka dalam mengelola koleksi, memberikan layanan yang lebih baik kepada pemustaka, serta memahami prinsip-prinsip preservasi bahan Pustaka. Ke depan, diperlukan keberlanjutan program, khususnya dalam aspek penguatan infrastruktur teknologi dan promosi literasi digital untuk mendukung modernisasi perpustakaan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025