Jurnal Minfo Polgan (JMP)
Vol. 14 No. 1 (2025): Artikel Penelitian

Penerapan Sistem Informasi Manajemen Penggunaan Chatbot Dalam Layanan Bimbingan Mahasiswa di Brida Kota Medan

Dhany, Hanna Willa (Unknown)
Ramadhan, Reza (Unknown)
Nugraha, M. Zein Farhan (Unknown)
Pratama, Daffa Akbar (Unknown)
Irsyad, Muhammad (Unknown)
Tambunan, Toman Sony (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2025

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah mendorong transformasi dalam penyediaan layanan publik, termasuk layanan bimbingan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan chatbot sebagai media dalam memberikan layanan bimbingan kepada mahasiswa di BRIDA Kota Medan. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan wawancara dengan staf BRIDA dan mahasiswa pengguna chatbot, serta observasi langsung penggunaan sistem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa chatbot mampu meningkatkan aksesibilitas dan kecepatan layanan bimbingan, memberikan respon yang cepat dan praktis, serta membantu mahasiswa memperoleh informasi terkait riset dan prosedur administrasi. Meskipun demikian, chatbot masih memiliki keterbatasan dalam menangani pertanyaan kompleks yang memerlukan interaksi manusia langsung. Oleh karena itu, pengembangan chatbot yang berkelanjutan dan integrasi dengan layanan bimbingan konvensional sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas layanan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan chatbot di BRIDA Kota Medan berperan positif sebagai inovasi layanan digital dalam mendukung kebutuhan mahasiswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Computer Science & IT Library & Information Science Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Minfo Polgan (JMP) merupakan jurnal nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Informatika Politeknik Ganesha Medan terbit berkala (satu tahun dua kali yaitu Maret dan September) dengan tujuan untuk menyebarluaskan hasil riset bidang teknologi dan informasi kepada para akademisi, ...