Perkembangan teknologi informasi telah mendorong transformasi dalam penyediaan layanan publik, termasuk layanan bimbingan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan chatbot sebagai media dalam memberikan layanan bimbingan kepada mahasiswa di BRIDA Kota Medan. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan wawancara dengan staf BRIDA dan mahasiswa pengguna chatbot, serta observasi langsung penggunaan sistem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa chatbot mampu meningkatkan aksesibilitas dan kecepatan layanan bimbingan, memberikan respon yang cepat dan praktis, serta membantu mahasiswa memperoleh informasi terkait riset dan prosedur administrasi. Meskipun demikian, chatbot masih memiliki keterbatasan dalam menangani pertanyaan kompleks yang memerlukan interaksi manusia langsung. Oleh karena itu, pengembangan chatbot yang berkelanjutan dan integrasi dengan layanan bimbingan konvensional sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas layanan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan chatbot di BRIDA Kota Medan berperan positif sebagai inovasi layanan digital dalam mendukung kebutuhan mahasiswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025