Sciening : Science Learning Journal
Vol. 5 No. 2: Desember 2024

Pengaruh Model Pembelajaran Environmental Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan di SMP Negeri 6 Tondano

Mamonto, Fujita (Unknown)
Suriani, Ni Wayan (Unknown)
Rondonuwu, Anneke Tienneke (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Proses pembelajaran yang efektif dan efisien dalam pendidikan merupakan salah satu faktor yang memiliki peran besar dalam pencapaian tujuan pembelajaran , s elain mencapai tujuan pembelajaran, guru memiliki tugas untuk mencetak manusia-manusia yang cerdas dan berkarakter. Hal tersebut menjadi sesuatu yang harus mendapatkan perhatian lebih mengingat tantangan yang ada saat ini sangatlah besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Environmental Learning terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 6 Tondano. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, dengan menggunakan analisis data kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Tondano. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang menggunakan rancangan penelitian Post-test Only Control Group Designdengan sampel penelitian kelas VII A berjumlah 16 orang sebagai kelompok kontrol dan kelas VII B berjumlah 14 orang sebagai kelompok eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai kelompok eksperimen = 71,43 sedangkan kelompok kontrol = 61,88. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa model pembelajaran Environmental Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan SMP Negeri 6 Tondano.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sciening

Publisher

Subject

Education Environmental Science

Description

SCIENING (dibaca: saining): Science Learning Journal merupakan jurnal ilmiah yang berfokus dalam mempublikasikan artikel dari hasil penelitian yang mencakup berbagai topik pembelajaran IPA Terpadu yang berimplikasi untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran ...