Tulisan ini membahas terkait peran Jurnalisme Islam sebagai sarana Dakwah di Era Digital. Pada era digital, media mempunyai kiprah yang strategis dalam menyampaikan pesan-pesan keagamaan secara luas dan efektif. Jurnalisme Islam hadir menjadi salah satu bentuk penyampaian informasi yang tidak hanya berorientasi pada berita, tetapi juga nilai-nilai Islam yang bersifat menenangkan serta membangun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana jurnalisme Islam berperan sebagai sarana dakwah pada tengah dinamika teknologi informasi serta perilaku konsumsi media umat Islam waktu ini. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Penelitian bertujuan untuk menganalisa peran jurnalisme Islam dalam memberikan dakwah secara kontekstual, inklusif, serta adaptif terhadap perkembangan digital. Melalui penyajian konten yang informatif serta edukatif, jurnalisme Islam memperkuat nilai-nilai Islam sekaligus menjawab tantangan disinformasi yang marak di media digital. Penelitian ini merekomendasikan penguatan kapasitas jurnalis muslim dan optimalisasi media digital menjadi bagian seni manajemen dakwah kontemporer
Copyrights © 2025