DIKMAT: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5, No 01 (2024): April 2024

DAMPAK PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KOLABORATIF TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SD DI LAMBITU

Wardatunnissa, Yeni (Unknown)
Suryaningsih, Sri (Unknown)
Supryanto, Try (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pembelajaran matematika berbasis kolaboratif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain kelompok kontrol, yang melibatkan siswa dari sekolah dasar sebagai subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok yang mengikuti pembelajaran kolaboratif mengalami peningkatan signifikan dalam kemampuan komunikasi matematis, dengan skor rata-rata naik dari 65 menjadi 82, serta nilai  yang menunjukkan signifikansi statistik. Temuan ini menunjukkan bahwa pembelajaran kolaboratif tidak hanya meningkatkan kemampuan komunikasi matematis, tetapi juga meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa dalam pembelajaran. Oleh karena itu, penerapan model pembelajaran kolaboratif sangat direkomendasikan untuk meningkatkan hasil belajar matematika di sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Dikmat

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika yang diterbitkan oleh STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan Oktober dan April (dua kali setahun). Jurnal ini menerbitkan artikel studi konseptual dan menganalisis hasil penelitian ...