Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 1 (2025): Februari-Mei 2025

Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Media Interaktif Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas VIII-2 SMP Laboratorium Undiksha

Putu Desika Suryantini Putri (Unknown)
Dewa Bagus Sanjaya (Unknown)
Ni Nyoman Asri Sidaryanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning yang dilengkapi dengan penggunaan media interaktif Wordwall. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII-2 di SMP Laboratorium Undiksha. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian terdiri dari 18 orang siswa kelas VIII-2. Proses penelitian dilakukan dalam beberapa siklus yang mencakup perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Objek penelitian ini adalah hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dengan materi Melestarikan Budaya Bangsaku. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini menunjukan bahwa adanya peningkatan rata-rata dan ketuntasan belajar peserta didik kelas VIII-2 SMP Laboratorium Undiksha. Rata-rata pada siklus I sebesar 62,2 dan siklus II sebesar 85,55. Sedangkan ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I sebesar 33,3% dan ketuntasan belajar peserta didik pada siklus II sebesar 83,33%. Oleh karena itu, penelitian ini dapat dianggap berhasil karena sudah memenuhi ketuntasan hasil belajar antara siklus I dan siklus II. Hasil belajar peserta didik lebiih baik, setelah menerapkan model Problem Based Learning berbantuan media interaktif Wordwall.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...