Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 1 (2025): Februari-Mei 2025

Peran Wanita dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Kota Binjai (Studi Kasus Pasar Tavip)

Hafizah Ayu Liswanda (Unknown)
Raja Sakti Putra Harahap (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2025

Abstract

Studi ini bermaksud menjelaskan dan menganalisis peran wanita dalam ekonomi di Pasar Tavip Kota Binjai Sumatera Utara. Dalam penelitian ini akan diidentifikasi peran apa saja yang harus dilakukan oleh wanita dalam aktivitas ekonomi melalui pertumbuhan usaha ekonomi. Selain menjelaskan dan menganalisis peran wanita juga akan digali lebih mendalam resiko atau hambatan-hambatan yang muncul dari pertumbuhan ekonomi melalui sektor ekonomi. Adapun metode yang dipergunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa studi pustaka, observasi dan wawancara secara mendalam terhadap sejumlah wanita pelaku ekonomi di Pasar Tavip Kota Binjai Sumatera Utara. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa peran yang dilakukan wanita dalam kegiatan pertumbuhan ekonomi melalui sektor ekonomi yaitu aspek modal, produksi, distribusi dan pemasaran. Peran modal dilakukan wanita melalui jaringan koperasi, kerjasama dan koordinasi melalui forum kelompok sosial, aspek produksi dilakukan secara personal berdasarkan pengalaman dan kesempatan usaha, aspek distribusi dan pemasaran dilakukan dilingkungan wilayah tempat tinggal. Adapun hambatan untuk pertumbuhan usaha ekonomi dipengaruhi oleh peran ganda dimana beban pekerja ibu rumah tangga diranah domestik serta dukungan dari keluarga yang kurang; pertumbuhan diri dan dukungan dari Pemerintah Daerah yang masih sangat minim.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...