Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 1 (2025): Februari-Mei 2025

Peran PCIM Arab Saudi di Madinah dalam Meningkatkan Budaya Literasi Keislaman Mahasiswa: Studi Kasus pada Mahasiswa Indonesia di Madinah

Hamzah Saiful Haq (Unknown)
Abd Rahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peranan PCIM Arab Saudi di Madinah dalam membantu meningkatkan budaya literasi keislaman pada mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Madinah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pendekatan kualitatif dipilih karena penelitian ini bertujuan untuk menggali pemahaman mendalam mengenai peran PCIM dalam meningkatkan budaya literasi keislaman di kalangan mahasiswa Indonesia di Madinah. Penelitian ini juga menggunakan metode studi pustaka, yang merupakan pendekatan penelitian dengan mengkaji berbagai literatur, buku, jurnal, serta sumber-sumber akademik lainnya yang relevan dengan topik yang diteliti. PCIM Arab Saudi berkontribusi terhadap pengembangan intelektualitas dan literasi dari mahasiswa lewat menggalakan berbagai macam program yang memicu peningkatan kemampuan literasi mahasiswa. Analisa teoritis juga menjabarkan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh PCIM Arab Saudi mendatangkan kebermanfaatan bagi para mahasiswa dalam bidang literasi dan intelektualitas. Kegiatan tersebut mampu mendorong minat literasi mahasiswa terhadap kajian keislaman.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...