Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 1 (2025): Februari-Mei 2025

Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Project-Based Learning di Era Kurikulum Merdeka

Nelly Sartika (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika yang menerapkan Project-Based Learning (PjBL) di era Kurikulum Merdeka. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan subjek siswa kelas VIII di salah satu sekolah menengah pertama di Indonesia. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PjBL mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, terutama dalam aspek klarifikasi masalah dan refleksi proses pembelajaran. Namun, kemampuan siswa dalam memberikan argumen logis dan menilai keakuratan informasi masih berada pada tingkat moderat. Temuan ini mengindikasikan perlunya penguatan dalam peran guru untuk menyusun pertanyaan pemantik yang mendalam dan memberikan umpan balik yang reflektif. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan strategi pembelajaran matematika berbasis PjBL untuk mengoptimalkan keterampilan berpikir kritis siswa, serta menyarankan peningkatan kapasitas profesional guru dalam merancang dan mengimplementasikan pembelajaran berbasis proyek yang lebih terstruktur.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...