Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 1 (2025): Februari-Mei 2025

Pengembangan Modul Pembinaan Karakter Religius pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Panyabungan Mandailing Natal

Hapsoh (Unknown)
Zulhammi (Unknown)
Muhammad Roihan Daulay (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 May 2025

Abstract

Model pembinaan karakter bagi para warga binaan pemasyarakatan perlu adanya inovasi agar terciptanya masyarakat warga binaan yang memiliki karakter religius demi adanya perubahan sikap maupun akhlak yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengembangan Model Pembinaan Karakter Religius pada warga binaan pemasyarakatn Kelas II B Panyabungan, (2) mengetahui tingkat validitas pengembangan model pembinaan karakter religius pada warga binaan pemasyarakatan Kelas II B Panyabungan, (3) mengetahui tingkat praktikalitas pengembangan model pembinaan karakter religius pada warga binaan pemasyarakatan Kelas II B Panyabungan. (4) mengetahui tingkat efektivitas pengembangan model pembinaan karakter religius pada warga binaan pemasyarakatan Kelas II B Panyabungan. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan model pengembangan analysis, design, development, implementation, and evaluation (ADDIE). Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan uji validatas untuk mengukur tingkat kevalidan dan kelayakan media dan materi pembelajaran dan uji praktikalitas untuk mengukur kepraktisan penggunaan model pembinaan karakter berupa modul materi pembinaan. Hasil penelitian didapat yaitu (1) pengembangan model pembinaan karakter religius pada warga binaan pemasyarakatan dengan menggunakan model ADDIE, (2) tingkat validitas oleh ahli materi didapatkan nilai sebanyak 96% dengan kategori sangat valid, ahli media modul diperoleh nilai sebanyak 98% dengan kategori sangat valid. (3) tingkat praktikalitas media yang dikembangkan memperoleh nilai sebanyak 96% dengan kategori sangat praktis. (4)  Tingkat efektivitas yang diperoleh untuk masing-masing persentase yaitu 96%, 94% dan 94% dengan kategori sangat efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...