Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 1 (2025): Februari-Mei 2025

Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial di Madrasah Ibtidaiyah An-Nizham Swasta Kota Jambi

Anggi Lestari Putri (Unknown)
Tika Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik kesulitan belajar yang dialami siswa dalam pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas V dan VI di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) An-Nizham Kota Jambi. Kesulitan belajar yang dimaksud tidak hanya terkait dengan aspek kognitif, tetapi juga dengan keterampilan sosial dan emosional siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus, yang melibatkan guru, siswa, dan orang tua siswa sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi IPAS yang abstrak dan padat, serta dalam mengelola tugas yang diberikan. Selain itu, terdapat kendala dalam keterampilan sosial siswa, seperti kesulitan berinteraksi dengan teman sebaya dan rendahnya motivasi dalam pembelajaran. Faktor penyebab kesulitan ini mencakup pendekatan pengajaran yang kurang variatif, serta kurangnya media pembelajaran yang menarik dan kontekstual. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan mendukung peningkatan hasil belajar siswa, khususnya dalam konteks implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...