Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan karakter sopan santun siswa melalui penerapan layanan bimbingan klasikal dengan teknik simulasi (role playing) yang dikombinasikan dengan media permainan edukatif bernama Ludo Sopan Santun. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X AV 1 di SMK Negeri 4 Medan dengan jumlah peserta sebanyak 19 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi kegiatan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan karakter sopan santun siswa secara signifikan. Pada tahap pra tindakan, skor rata-rata sopan santun siswa adalah 58%, yang termasuk dalam kategori cukup. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, skor meningkat menjadi 68%, dan pada siklus II mengalami peningkatan lebih lanjut menjadi 84%, dengan sebagian besar siswa menunjukkan perilaku sopan seperti memberi salam, mendengarkan dengan baik, dan menghargai pendapat teman. Permainan Ludo Sopan Santun terbukti efektif menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, meningkatkan partisipasi siswa, dan memfasilitasi internalisasi nilai-nilai kesopanan melalui pengalaman langsung.Dengan demikian, layanan klasikal berbasis simulasi dapat dijadikan sebagai strategi inovatif dalam pendidikan karakter, khususnya dalam membentuk sikap sopan santun siswa secara menyeluruh. Teknik ini juga memberikan alternatif pembelajaran yang aktif, reflektif, dan kontekstual di lingkungan sekolah.
Copyrights © 2025