Keterampilan berpikir kreatif yang menjadi salah satu kompetensi esensial yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam menghadapi tantangan dunia modern. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan keterampilan berpikir kreatif siswa melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis eksplorasi pengetahuan lokal berbantuan media canva pada mata kuliah etnobotani di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Bulukumba. Metode yang digunakan adalah quasi-experiment dengan menggunakan rancangan static group pretest-posttest. Populasi penelitian mencakup seluruh mahasiswa yang mengampuh mata kuliah etnobotani, dengan sampel terdiri atas kelas 21A sebagai kelas kontrol yang mengikuti pembelajaran Inquiry, serta 21B sebagai kelas eksperimen yang menggunakan PjBL berbasis eksplorasi pengetahuan lokal berbantuan media canva. Pengukuran keterampilan berpikir kreatif dilakukan melalui tes yang mencakup lima indikator utama: fluency, originality, elaboration, flexibility, dan metaphorical thinking. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analysis of covariance (ANCOVA) dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata skor berpikir kreatif siswa di kelas eksperimen mencapai 90, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang memperoleh rata-rata 82,21. Berdasarkan hasil uji ANCOVA, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 yang lebih kecil dari batas alpha 0,05, menunjukkan bahwa penggunaan model PjBL berbasis eksplorasi pengetahuan lokal berbantuan media canva memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa. Selain itu, model PjBL berbasis eksplorasi pengetahuan lokal berbantuan media canva memiliki efektivitas 27,5% lebih tinggi dibandingkan dengan metode pembelajaran Inquiry. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PjBL berbasis eksplorasi pengetahuan lokal berbantuan media canva berdampak positif dan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa.
Copyrights © 2025