Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemberian insentif dan motivasi terhadap kompetensi pedagogik guru Sekolah Dasar (SD) swasta di Kota Ternate. Kompetensi pedagogik, yang merupakan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dianggap krusial bagi kualitas pendidikan. Penelitian ini menguji hipotesis bahwa insentif dan motivasi berkontribusi signifikan terhadap peningkatan kompetensi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei. Sampel penelitian terdiri dari guru-guru SD swasta di Kota Ternate yang dipilih melalui teknik pengambilan sampel acak sederhana. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan dengan teknik regresi linear berganda untuk menguji pengaruh insentif dan motivasi secara simultan dan parsial terhadap kompetensi pedagogik guru. Hasil penelitian menununjukkan bahwa terdapat pengaruh pemberian insentif dan motivasi terhadap kompetensi pedagogik guru SD swasta di kota Ternate.
Copyrights © 2025