Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran IPA berdasarkan kurikulum merdeka serta menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat pembelajaran IPA berdasarkan Kurikulum Merdeka kelas VIII SMP Negeri 1 Seririt tahun 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini yaitu 3 guru IPA dan 9 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Seririt. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles & Huberman melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan member check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan telah terlaksana sesuai alur MERRDEKA. Namun, terdapat indikator pembelajaran yang belum dilaksanakan menyeluruh meliputi tahapan apersepsi, ruang kolaborasi, demonstrasi kontekstual, dan koneksi antar materi, (2) faktor pendukung pembelajaran IPA diantaranya pelatihan dan sosialisasi, program praktik berbagi baik, fasilitas sekolah, keterlibatan orang tua, dan metode mengajar guru di kelas, (3) faktor penghambat pembelajaran IPA diantaranya kesulitan guru dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi, keterbatasan jam belajar, dan kemampuan siswa yang berbeda sehingga guru harus menyesuaikan dengan pendekatan pembelajaran IPA untuk memenuhi kebutuhan setiap individu.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025