Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan media pembelajaran yang digunakan saat kegiatan belajar IPA dan menganalisis minat belajar siswa terhadap media pembelajaran pada Kurikulum Merdeka kelas VIII di SMP Negeri 1 Singaraja. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Singaraja yang berjumlah 156 orang dengan populasi 380 siswa, dua orang guru IPA dan ketua MGMP. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini yaitu purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif untuk data hasil kuesioner, sedangkan data dari wawancara dianalisis menggunakan analysis interactive model yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, yaitu media pembelajaran yang digunakan guru saat ini dalam pembelajaran IPA yaitu PowerPoint, video pembelajaran dan PhET Simulation. Minat belajar IPA siswa terhadap penerapan media pembelajaran pada implementasi Kurikulum Merdeka tergolong tinggi, dapat dilihat dari persentase rata-rata keseluruhan minat belajar siswa terhadap penggunaan media pembelajaran yaitu sebesar 19,23% siswa memiliki minat belajar sangat tinggi, 69,23% siswa memiliki minat belajar tinggi, serta 11,54% siswa memiliki minat belajar yang sedang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025