Penelitian ini membahas pengelolaan Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang efektif dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan anak dan mendukung perkembangan holistik mereka. Pengelolaan PAUD yang baik melibatkan berbagai aspek, termasuk perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi yang dilakukan secara kolaboratif oleh pemerintah, lembaga pendidikan, orang tua, dan masyarakat. Aspek penting yang dibahas meliputi pengelolaan sumber daya manusia, fisik, dan finansial, serta penerapan kurikulum yang mendukung kreativitas, kemampuan sosial, dan perkembangan individual anak. Pengawasan dan evaluasi yang terstruktur sangat penting untuk memastikan kualitas pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain kajian pustaka yang menganalisis literatur terkait pengelolaan PAUD, manajemen pendidikan, serta penerapan prinsip-prinsip manajerial dalam pendidikan anak usia dini. Hasil analisis menunjukkan bahwa keberhasilan pengelolaan PAUD bergantung pada pendekatan holistik, penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), keterlibatan semua pemangku kepentingan, serta pengembangan kurikulum yang fleksibel. Pengembangan profesionalisme pendidik dan pemanfaatan teknologi dalam pendidikan anak usia dini juga menjadi faktor penting dalam peningkatan kualitas pengajaran. Evaluasi dan pemantauan program secara berkala memberikan kontribusi dalam perbaikan berkelanjutan. Dengan pendekatan yang menyeluruh dan kolaboratif, pengelolaan PAUD yang efektif dapat meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan masa depan
Copyrights © 2025