Jurnal Pariwisata dan Perhotelan
Vol. 2 No. 3 (2025): May

Strategi Pendampingan untuk Pengembangan UMKM Hoshiitako: Meningkatkan Daya Saing di Pasar Lokal

Helianolita, Violen (Unknown)
Michiko, Diana (Unknown)
Effny , Felix (Unknown)
Ferina Aileen Fauzi, Talitha (Unknown)
Setiawan, Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pendampingan terhadap peningkatan daya saing UMKM, dengan studi kasus pada Hoshiitako, sebuah usaha kuliner lokal. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Data yang dikumpulkan dari pemilik, mentor UMKM, dan Mahasiswa, serta dokumentasi kegiatan pendampingan. Analisis dilakukan secara tematik untuk mengindetifikasi dampak pedampingan terhadap manajemen, inovasi produk, dan pemasaran digital, serta pengelolaan keuangan. Dan Hasil pendampingan menunjukkan bahwa pendampingan memiliki dampak positif signifikan dalam meningkatkan kemampuan manajemen, strategi pemasaran digital, inovasi produk, dan pengelolaan keuangan UMKM Hoshiitako. Melalui konsultasi yang komprehensif, UMKM mampu mengembangkan produk sesuai kebutuhan pasar, meningkatkan efisiensi operasional, serta memperluas jangkauan pemasaran melalui media sosial. Inovasi produk Temuan ini memperkuat teori bahwa pendampingan yang tepat dapat meningkatkan keberlanjutan dan pertumbuhan UMKM dalam pasar lokal yang kompetitif

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pjpp

Publisher

Subject

Humanities Dentistry Environmental Science Social Sciences Other

Description

Tourism and Hospitality Journal focuses on main area of discussions. The focus and scope of Tourism and Hospitality Journal include: 1. Tourist Motivation and Behavior: Studying factors influencing the motivation and behavior of tourists, such as destination preferences, travel reasons, and ...