Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pendampingan terhadap peningkatan daya saing UMKM, dengan studi kasus pada Hoshiitako, sebuah usaha kuliner lokal. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Data yang dikumpulkan dari pemilik, mentor UMKM, dan Mahasiswa, serta dokumentasi kegiatan pendampingan. Analisis dilakukan secara tematik untuk mengindetifikasi dampak pedampingan terhadap manajemen, inovasi produk, dan pemasaran digital, serta pengelolaan keuangan. Dan Hasil pendampingan menunjukkan bahwa pendampingan memiliki dampak positif signifikan dalam meningkatkan kemampuan manajemen, strategi pemasaran digital, inovasi produk, dan pengelolaan keuangan UMKM Hoshiitako. Melalui konsultasi yang komprehensif, UMKM mampu mengembangkan produk sesuai kebutuhan pasar, meningkatkan efisiensi operasional, serta memperluas jangkauan pemasaran melalui media sosial. Inovasi produk Temuan ini memperkuat teori bahwa pendampingan yang tepat dapat meningkatkan keberlanjutan dan pertumbuhan UMKM dalam pasar lokal yang kompetitif
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025