Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia
Vol 5 No 6 (2025): JPTI - Juni 2025

Penugasan Berbasis Screencast terhadap Hasil Belajar Prosedural Mahasiswa dalam Pembelajaran Statistik Menggunakan SPSS melalui Metode Kuasi Eksperimen

Ananta, Maulana Paramaditya (Unknown)
Soepriyanto , Yerry (Unknown)
Praherdhiono, Henry (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2025

Abstract

Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran statistik menjadi kebutuhan yang semakin penting, khususnya dalam penguasaan keterampilan prosedural menggunakan perangkat lunak analisis data seperti SPSS. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penugasan berbasis screencast terhadap hasil belajar prosedural mahasiswa pada mata kuliah Statistik Pendidikan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi-eksperimen. Subjek terdiri dari 64 mahasiswa yang dibagi ke dalam dua kelompok. Kelompok eksperimen yang diberikan penugasan berbasis screencast dan kelompok kontrol yang menyusun laporan tertulis. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar prosedural, dan data dianalisis menggunakan uji-t independen. Hasil menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok, di mana kelompok eksperimen memperoleh nilai rata-rata yang lebih tinggi. Temuan ini mengindikasikan bahwa penugasan berbasis screencast dapat meningkatkan kemampuan prosedural mahasiswa dalam penggunaan SPSS. Penelitian ini berkontribusi terhadap pengembangan strategi penugasan berbasis teknologi dalam konteks pedagogi digital, serta memberikan implikasi bagi perancangan pembelajaran statistik berbasis keterampilan praktik menggunakan SPSS atau perangkat lunak lain.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpti

Publisher

Subject

Education Engineering

Description

Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia (JPTI) merupakan Jurnal Ilmiah Nasional yang menerbitkan artikel hasil penelitian dan gagasan ilmiah* dari Dosen, Peneliti, Praktisi, dan Guru dari seluruh Indonesia dan Mancanegara. JPTI memiliki fokus dan ruang lingkup yang terdiri dari 1. Lingkup ...