Pemerintah DKI memiliki rencana mengendalikan lalu lintas dengan memanfaatkan Jalan Berbayar Elektronik atau Electronic Road Pricing. Untuk mengetahui respon pengguna media sosial terhadap kebijakan tersebut, dilakukan analisis sentimen pada komentar aplikasi Instagram. Algoritma yang digunakan pada analisis sentimen ini adalah algoritma Naïve Bayes. Rancangan penelitian berdasarkan metodologi Knowledge Discovery in Databases, disingkat KDD. Penelitian ini menggunakan web scraping Apify untuk mengambil data postingan selama tahun 2023 sebanyak 1486 komentar aplikasi Instagram, dan python sebagai bahasa pemrogramannya. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan kedalam tiga kelas sentimen, dengan jumlah masing-masing 97 label positif, 568 label negatif, dan 743 label netral. Untuk mengukur tingkat akurasi algoritma, pelaksanaan pengujian menggunakan metode split data 4 model, berturut-turut adalah model 90:10, 80:20, 70:30, dan 60:40. Pengujian akurasi dengan confusion matrix menunjukkan nilai akurasi tertinggi terdapat pada model 90:10, sedangkan pengujian akurasi dengan grafik ROC menunjukkan nilai AUC tertinggi pada model 90:20 dengan nilai 0.7335, sehingga bisa disimpulkan model berkualitas baik dalam membedakan kelas.
Copyrights © 2024