Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMAK)
Vol. 4 No. 1 (2025): Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi

Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Pendapatan Petani Sayuran Di Desa Keraduk Kelurahan Agung Lawangan Kecamatan Dempo Utara Kota Pagar Alam

Dismita Citra Dewi (Unknown)
Mia Maya Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 May 2025

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran terhadap pendapatan petani di Desa Keraduk Kelurahan Agung Lawangan Kecamatan Dempo Utara Kota Pagar Alam. Jenis Penelitian ini bersifat deskriftif kuantitatif. Deskriptif yakni penelitian yang mengumpulkan data sebanyak-banyaknya mengenai Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Pendapatan Petani Sayuran Di Desa Keraduk Kelurahan Agung Lawangan Kecamatan Dempo Utara Kota Pagar Alam. Teknik Analisis data mengunakan metode statistik, dimana data tersebut harus diklarifikasikan dalam kategori tertentu dengan menggunakan tabel untuk mempermudah dalam menganalisa data menggunakan program M.s Excel danSPSS. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa strategi pemasaran berpengaruh terhadap pendapatan. Hal ini dapat di buktikan dengan nilai 13,943>ttabel=1,678 dan nilai tingkat signifikan variabel Strategi Pemasaran sebesar 000<0,05.Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya variabel independen strategi pemasaran berpengaruh secara positif terhadap variabel dependen yaitu pendapatan. Faktor-faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap pendapatan dari faktor strategi pemasaran yang dilakukan dengan bauran pemasaran adalah factor- faktor yang paling berpengaruh terhadap pendapatan petani sayuran di Desa Keraduk Kel.Agung Lawangan Kec. Dempo Utara Kota Pagar Alam yaitu faktor produk dimana dari 46 responden terdapat 22 responden atau sebanyak 47,8% yang memilih setuju terhadap produk. Strategi yang dilakukan para petani sayuran di Desa Keraduk Kel. Agung Lawangan Kec. Dempo Utara Kota Pagar Alam mengunakan strategi dengan bauran pemasaran Jadi dari hasil penelitian di atas dapat di simpulkan dengan menggunakan strtaegi pemasaran dapat meningkatkan pendapatan petani sayuran di Desa Keraduk Kel. Agung Lawangan Kec. Dempo Utara Kota Pagar Alam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jebmak

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Journal Research of Economiy, Business, Management and Accounting Science published by CV. Picmotiv jointly with Pusat Riset dan Publikasi Ilmiah Nasional Bagian Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat & Kerjasama STEBIS IGM. This journal is also dedicated to provide an intellectual space of ...