CENDEKIA PENDIDIKAN
Vol 4 No 2 (2025): Edisi Mei

ANALISIS IMPLEMENTASI PROSES PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA DI SDN 1 ALASMALANG

Rofek, Aenor (Unknown)
Nur Holiza, Sitti (Unknown)
Bramantha, Heldie (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

Abstrak: Kurikulum merdeka sudah diterapkan di sekolah-sekolah di Indonesia pada tahun akademik 2022/2023. Bagaimana proses pembelajaran kurikulum merdeka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran kurikulum merdeka dilaksanakan di SDN 1 Alasmalang, tantangan apa yang dihadapi, dan bagaimana sekolah mengatasi tantangan tersebut. Penelitian kualitatif deskriptif ini melibatkan kepala sekolah, wali kelas, dan siswa kelas IV di SDN 1 Alasmalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sebagai metode pengumpulan data, penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.Teknik analisis digunakan untuk menganalisis data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDN 1 Alasmalang sudah menerapkan kurikulum merdeka. Proses pembelajaran di SDN 1 Alasmalang berjalan dengan cukup baik. Kurikulum merdeka bertujuan untuk membentuk siswa yang memiliki kepribadian dan kompetensi yang baik. dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengeksplorasi dan mengungkapkan minat mereka dalam pelajaran. Selain itu, kurikulum ini berdampak pada tingkat partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. dalam menerapkan kurikulum merdeka, yaitu dengan membuat bahan ajar dan Alur pembelajaran ini disusun sebagai kumpulan tujuan pembelajaran dari awal hingga akhir pada setiap fase capaian pembelajaran (CP). Alur ini mencakup modul ajar, penyusunan capaian pembelajaran (CP), tujuan pembelajaran (TP), dan alur tujuan pembelajaran (ATP). Susunan ini dilakukan untuk membuat proses atau kegiatan pembelajaran lebih terstruktur dan lebih terarah sehingga memudahkan guru mencapai tujuan pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cendekiapendidikan

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal Cendekia memiliki focus and scope dalam Kajian dan penelitian di bidang pendidikan, kajian menejemen Sekolah, PTK (penelitian tindakan kelas), dan hasil penelitian di bidang pendidikan dan pengembangan pembelajaran di sekolah ...