Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol. 7 No. 1 (2024): Sustainable Development Goal in Mathematics and Mathematics Education

Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Ditinjau dari Gender

Rismayanti, Alda (Unknown)
Basir, Fahrul (Unknown)
Karmila, Karmila (Unknown)
A, Fitriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal PISA ditinjau dari gender. Jenis penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pemberian tes kemampuan literasi matematika yang diadaptasi dari soal PISA dan pedoman wawancara. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa yakni 1 siswa berjenis kelamin laki-laki dan 1 siswa berjenis kelamin perempuan. Adapun hasil dari penelitian siswa laki-laki mampu mencapai empat kompetensi literasi matematika, dan siswa perempuan mampu mencapai tiga kompetensi literasi matematika dari enam kompetensi literasi matematika yang digunakan yaitu matematisasi, menggunakan bahasa dan operasi simbolik yang formal dan teknis, komunikasi, penalaran dan argumen, merancang strategi untuk memecahkan masalah dan representasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

proximal

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Proximal publishes research results, literature studies, and scientific papers on mathematics and mathematics education. Published scientific studies include Mathematics Teaching, Development of Mathematics Education, Mathematical Sciences, Applied Mathematics, Actuarial Mathematics, and related ...