Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi seberapa efektif model pembelajaran berbasis masalah (PBL) yang dipadukan dengan aplikasi Quizizz dalam meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa kelas XI SMA. PBL merupakan pendekatan pengajaran yang mengandalkan penanganan masalah yang tepat sebagai alasan untuk menyiapkan ujian dasar dan kompetensi berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan perangkat lunak kuis interaktif sepenuhnya berbasis internet Quizizz untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam sistem pembelajaran. Perangkat eksplorasi yang digunakan adalah ujian dengan konfigurasi one group pretest-posttest design yang terkumpul, yang terdiri dari 36 siswa dari kelas XI-3 sebagai individu. Alat ukur yang dilakukan adalah tes kemampuan numerik yang diberikan saat pelaksanaan PBL dengan bantuan Quizizz. Hasil ujian menunjukkan peningkatan yang sangat besar dalam skor pasca-tes dibandingkan dengan pra-tes, yang menunjukkan keefektifan kombinasi PBL dan Quizizz dalam lebih lanjut mengembangkan prestasi belajar matematika. Ujian statistik deskriptif, ujian normalitas, penilaian t, ujian Sampel Berpasangan, dan uji N-gain digunakan untuk evaluasi informasi. Semua ujian tersebut memandu model PBL dan pencapaian Quizizz. Akhir dari penelitian ini menyatakan bahwa PBL yang dilengkapi dengan aplikasi ujian intuitif, misalnya, Quizizz lebih mengembangkan hasil belajar, pemahaman, dan membuat pengalaman akademis benar-benar menarik, belajar, dan cerdas, selain meningkatkan konsep dan dukungan siswa. Oleh karena itu, PBL yang dibantu dengan bantuan Quizizz dapat direkomendasikan sebagai pendekatan belajar yang memungkinkan untuk lebih mengembangkan pencapaian teknis siswa sekolah menengah kelas XI.
Copyrights © 2025