E-commerce adalah segala kegiatan jual beli atau transaksi yang dilakukan menggunakan sarana media elektronik (Internet). Website E-commerce merupakan platform perbelanjaan online untuk melakukan transaksi jual-beli produk atau jasa secara online yang pembeliannya dilakukan melalui layanan internet. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis bagaimana pengaruh website e-commerce, kualitas produk dan promosi terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan konsumen pada Mahasiswa Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Medan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Medan stambuk 2020 yang berjumlah 251 orang dengan jumlah sampel/responden sebanyak 49 orang. Hasil penelitian ini adalah berdasarkan uji t atau parsial menyatakan tidak terdapat pengaruh e-commerce terhadap kepuasan konsumen pada Mahasiswa UPMI Medan (1). Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel Kualitas Produk terhadap variabel Kepuaan Konsumen pada mahasiswa UPMI Medan (2). Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel Promosi terhadap variabel Kepuasan Konsumen pada mahasiswa UPMI Medan (3). Tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel Website E-commerce terhadap variabel Loyalitas Pelanggan pada mahasiswa UPMI Medan (4). Tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel Kualitas Produk terhadap variabel Loyalitas Pelanggan pada mahasiswa UPMI Medan (5). Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel Promosi terhadap variabel Loyalitas Pelanggan pada mahasiswa UPMI Medan (6). Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel Kepuasan Konsumen terhadap variabel Loyalitas Pelanggan pada mahasiswa UPMI Medan (7). Tidak terdapat pengaruh mediasi antara variabel Website E-commerce (X1) terhadap Variabel Loyalitas Pelanggan melalui variabel Kepuasan Konsumen pada mahasiswa UPMI Medan (8). Terdapat hubungan pengaruh positif dan signifikan antara variabel Kualitas Produk terhaap variabel Loyalitas pelanggan melalui variabel penghubung Kepuasan Konsumen pada mahasiswa UPMI Medan (9). Terdapat hubungan pengaruh positif dan signifikan antara variabel Promosi terhadap variabel Loyalitas Pelanggan tanpa adanya variabel perantara Kepuasan Konsumen sebagai variabel penghubung pada mahasiswa UPMI Medan (10).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025