Economics and Digital Business Review
Vol. 6 No. 2 (2025): February - July

Peran Dan Penerapan E-Commerce Dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Studi Pada UKM Melati)

Rosmalia, Irin (Unknown)
Suhaety, Yeye (Unknown)
Rubiyanti, Desi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji perencanaan dan penerapan e-commerce dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Objek penelitian adalah UKM Melati, sebuah usaha produksi dan pemasaran kain tenun tradisional khas Kabupaten Dompu. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan pemilik dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan e-commerce yang efektif sangat krusial bagi pengembangan bisnis UMKM. Keberhasilan penerapannya dipengaruhi oleh faktor kualitas produk, harga, pelayanan, dan promosi. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi hambatan berupa kurangnya pengetahuan dan keterampilan teknologi di kalangan pelaku UMKM. Kontribusi penelitian ini adalah memberikan pemahaman mendalam serta dapat menjadi acuan praktis bagi UMKM lain dalam mengadopsi e-commerce.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ecotal

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Economics and Digital Business Review, is published by STIE Amkop Makassar in 2020, with registered number ISSN : 2774-2563 (Online), is a peer-reviewed journal published Economics and Digital Business Review published two times a year (January & July) by STIE Amkop Makassar, It provides an academic ...