QAZI : Journal of Islamic Studies
Vol 2 No 1 (2025): 2025

Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam: Tantangan, Strategi di Era Modern

Alya Rizanda (Unknown)
Dera Adila Putri (Unknown)
Kurniawan (Unknown)
Herlini Puspika Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2025

Abstract

Perubahan zaman yang ditandai dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi, globalisasi, dan pergeseran nilai-nilai sosial telah menciptakan tantangan kompleks bagi profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tugas dan tantangan guru PAI di era modern serta merumuskan strategi yang efektif untuk meningkatkan profesionalisme mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi pustaka. Data dikumpulkan dari berbagai sumber literatur seperti buku, jurnal ilmiah, artikel, dan dokumen lainnya, lalu dianalisis menggunakan pendekatan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama yang dihadapi guru PAI mencakup krisis moral dan sosial, pengaruh budaya asing, serta perkembangan teknologi dan globalisasi. Untuk menjawab tantangan tersebut, strategi yang relevan meliputi penggunaan teknologi dalam pembelajaran, pengembangan konten digital (video, animasi, podcast, aplikasi), pelatihan berkelanjutan, dan kolaborasi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya dukungan kebijakan pendidikan dan fasilitas dari pemerintah serta lembaga pendidikan untuk menciptakan guru PAI yang profesional, adaptif, dan mampu membentuk generasi Muslim yang berakhlak mulia serta siap menghadapi dinamika zaman

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

qazi

Publisher

Subject

Religion Social Sciences

Description

QAZI : Journal of Islamic Studies with e-ISSN 3089-1221 p-ISSN 3089-123X is a peer-reviewed open access journal and follows a single-blind review policy. Scientific articles in QAZI: Journal of Islamic Studies are the results of original research, conceptual ideas, and current studies within the ...