Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari teknik jeu de rôle atau bermain peran pada keterampilan berbicara bahasa Prancis pada siswa SMA dengan menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XII yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui: (a) observasi, (b) tes, (c) dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa siswa mengalami peningkatan kemampuan dalam berbicara bahasa Prancis pada tingkat niveau A1 sebesar 32% serta penggunaan teknik jeu de rôle ini efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Prancis siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai sebesar -32,574 dan sebesar 1,68830 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti hipotesis kerja dalam penelitian ini diterima.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024