Pengembangan modul praktikum merupakan upaya guru-guru untuk meningkatkan pemahaman, motivasi, dan keterampilan peserta didik. Pengembangan modul praktikum juga membantu dalam peningkatan pemahaman akan materi yang bersifat abstraks. Sistem indra merupakan salah satu materi biologi yang bersifat abstraks. Tujuan dari penyusunan artikel literature review yaitu untuk mengetahui pengaruh dari berbagai jenis modul praktikum sistem indra terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar kognitif peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa metode literature review dengan mengumpulkan artikel-artikel riset dari database tertentu dan dilanjutkan untuk dianalisis dan disintesis hasil yang disajikan dalam artikel tersebut. Dilanjutkan dengan menggolongkan 2 subbab pembahasan terkait manfaat modul praktikum dalam peningkatan hasil belajar kognitif dan motivasi belajar. Berdasarkan 15 artikel yang ditemukan menunjukkan bahwa modul praktikum dengan berbagai jenis bentuk mampu meningkatkan hasil belajar kognitif dan motivasi belajar peserta didik.
Copyrights © 2025