BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 5 No. 1 (2025)

LITERATURE REVIEW: PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM SISTEM INDRA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI

Putra Ie, Johanes Juan Yutama (Unknown)
Kasmiyati, Sri (Unknown)
Kristiani, Elizabeth Betty Elok (Unknown)
Nabila, Nabila (Unknown)
Alberthnico, Ferdian (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2025

Abstract

Pengembangan modul praktikum merupakan upaya guru-guru untuk meningkatkan pemahaman, motivasi, dan keterampilan peserta didik. Pengembangan modul praktikum juga membantu dalam peningkatan pemahaman akan materi yang bersifat abstraks. Sistem indra merupakan salah satu materi biologi yang bersifat abstraks. Tujuan dari penyusunan artikel literature review yaitu untuk mengetahui pengaruh dari berbagai jenis modul praktikum sistem indra terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar kognitif peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa metode literature review dengan mengumpulkan artikel-artikel riset dari database tertentu dan dilanjutkan untuk dianalisis dan disintesis hasil yang disajikan dalam artikel tersebut. Dilanjutkan dengan menggolongkan 2 subbab pembahasan terkait manfaat modul praktikum dalam peningkatan hasil belajar kognitif dan motivasi belajar. Berdasarkan 15 artikel yang ditemukan menunjukkan bahwa modul praktikum dengan berbagai jenis bentuk mampu meningkatkan hasil belajar kognitif dan motivasi belajar peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...