BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 5 No. 1 (2025)

META-ANALISIS: PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK TERINTEGRASI STEAM UNTUK PESERTA DIDIK FASE E

Bestlyanti, Bestlyanti (Unknown)
Zulyusri, Zulyusri (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2025

Abstract

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terintegrasi STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) merupakan salah satu inovasi pembelajaran yang relevan untuk meningkatkan keterampilan Abad 21 pada peserta didik fase E. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan LKPD terintegrasi STEAM dalam mendukung proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah meta-analisis dengan merangkum, meninjau, dan menganalisis data dari 10 artikel yang relevan, diterbitkan pada periode 2020-2024. Data dikumpulkan melalui pencarian artikel di Google Scholar dan dianalisis menggunakan teknik tabulasi untuk menghitung tingkat validitas dan praktikalitas LKPD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tingkat validitas berada dalam kategori sangat valid (81–100%), dan rata-rata tingkat praktikalitas termasuk sangat praktis (81–100%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah LKPD terintegrasi STEAM layak diterapkan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan pemecahan masalah peserta didik Fase E dalam pembelajaran berbasis proyek.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...