BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 5 No. 1 (2025)

STIMULASI BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MENENGAH MELALUI PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS PBL

Aulia, Mudia Masri (Unknown)
Astuti, Reni (Unknown)
Risalah, Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana stimulasi berpikir kritis peserta didik melalui pengembangan e-modul matematika berbasis PBL (Problem Based Learning). Penelitian ini adalah penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan model pengembangan Plomp. Penelitian dilakuan di SMA Negeri 3 Sanggau. Subjek dari penelitian ini adalah 35 peserta didik kelas XI F SMA Negeri 3 Sanggau yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu angket, lembar validasi, tes. Rancangan penelitian ini menggunakan 5 fase, yaitu(1) Fase Investigasi Awal, (2) Fase Desain/Rancangan, (3) Fase Realisasi/Konstruksi, (4) Fase Tes, Evaluasi, dan Revisi, dan (5) Fase Implementasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa stimulasi berpikir kritis peserta didik pada pengembangan e-modul matematika berbasis PBL (Problem Based Learning) dengan capaian hasil pada tingkat kevalidan yaitu hasil kevalidan media mencapai 85,1% dan hasil kevalidan materi mencapai 89%. Untuk tingkat kepraktisan dengan capaian dari hasil angket respon peserta didik mencapai 94,05% dan angket respon guru mencapai 94%. Sedangkan tingkat keefektifan yaitu dengan capaian hasil dari tes kemampuan berpikir kritis peserta didik mencapai 80%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...