BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 5 No. 1 (2025)

DAMPAK BULLYING TERHADAP KESEHATAN MENTAL SISWA SEKOLAH DASAR

Hayat, Alvian Hanif Ahsanul (Unknown)
Arjuananda, Andhika Triza (Unknown)
Riansyah, Daffa Maulana (Unknown)
Sa’diyah, Halimatus (Unknown)
MZ, A.F. Suryaning Ati (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2025

Abstract

Bullying di sekolah dasar merupakan masalah serius yang dapat berdampak negatif terhadap kesehatan mental siswa. Tinjauan literatur sistematis ini bertujuan untuk menganalisis bukti yang ada mengenai hubungan antara bullying dan masalah kesehatan mental pada siswa sekolah dasar. Dalam mewujudkan hal di atas, penulis menggunakan metode pengambilan 10 paper jurnal yang telah diterbitkan melalui google scholar dengan rentang tahun antara 2021 sampai tahun 2025 untuk ditelitidan dianalisisdengan menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review). SLR merupakan metode sistematis yang dipakai untuk mengulas suatu topik berupapa perjurnal guna memberikan pendapat dalam penyelesaian masalah.Berdasarkan penelitian berdasarkan tinjauan sistematis literatur yang komprehensif, dapat disimpulkan bahwa bullying memiliki dampak negatif yang signifikan dan luas terhadap kesehatan mental siswa sekolah dasar. Dampak ini meliputi peningkatan risiko gangguan kecemasan, depresi, rendahnya harga diri, kesulitan dalam hubungan sosial, dan bahkan pikiran untuk bunuh diri. Bullying tidak hanya memengaruhi korban secara langsung tetapi juga dapat menciptakan lingkungan sekolah yang tidak aman dan tidak mendukung perkembangan psikologis yang sehat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...