Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan KIT Hidrostatika dan Panas terhadap frekuensi miskonsepsi peserta didik kelas XI pada materi termodinamika di SMA Negeri 2 Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI Fisika 1 SMA Negeri 2 Gorontalo. Instrumen penelitian menggunakan soal pilihan ganda tiga tingkat (three tier test). Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes diagnostik jenis Three-Tier Multiple Choice. Teknik analisis data dilakukan dengan uji hipotesis, analisis n-gain, dan uji reliabilitas. Hasil analisis data menunjukkan bahwa frekuensi miskonsepsi peserta didik menjadi 1,97 untuk kelas XI Fisika 1, dari semula yaitu sebesar 6,33, setelah penerapan penggunaan KIT Hidrostatika dan Panas pada materi Termodinamika. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang menunjukan adanya pengaruh secara signifikan terhadap frekuensi miskonsepsi peserta didik pada kelas XI Fisika 1 setelah pembelajaran dengan penggunaan KIT Hidrostatika dan Panas yang dibarengi dengan model pembelajaran inquiry based learning dengan sebelum pembelajaran tanpa penggunaan KIT Hidrostatika dan Panas materi termodinamika.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025