Penelitian yang telah dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui model pembelajaran inkuiri terstruktur pada materi pemanasan global. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pre-experimental design dengan menggunakan rancangan one group pre-test post-test design. Penelitian dilaksanakan di salah satu SMP Sidoarjo dengan jumlah sampel 31 kelas VII-F. Data keterampilan berpikir kritis pada materi pemanasan global didapatkan dari tes tulis. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pemanasan global secara signifikan, di mana mendapatkan rata-rata N-gain sebesar 0,856 dengan kriteria tinggi. Pada indikator keterampilan berpikir kritis yaitu membangun penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, menyimpulkan, memberikan penjelasan lanjut, menyusun strategi dan taktik mendapatkan kriteria N-gain tinggi.
Copyrights © 2025