BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 5 No. 1 (2025)

META-ANALISIS: PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK TERINTEGRASI STEAM UNTUK PESERTA DIDIK FASE E

Hikmah, Nurul (Unknown)
Zulyusri, Zulyusri (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2025

Abstract

Kurikulum Merdeka menekankan pentingnya pengembangan keterampilan abad ke-21, seperti berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi. Pendekatan Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics (STEAM) menjadi salah satu metode yang dapat mendukung keterampilan tersebut dengan pembelajaran berbasis proyek yang relevan dengan kehidupan nyata. Namun, ketersediaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terintegrasi STEAM masih terbatas, sehingga pengembangan media pembelajaran ini menjadi penting. Penelitian ini menggunakan metode meta-analisis untuk meninjau efektivitas LKPD terintegrasi STEAM berdasarkan 10 artikel dari jurnal nasional yang diterbitkan antara 2020-2024. Analisis dilakukan dengan mengkaji validitas dan praktikalitas LKPD yang telah dikembangkan sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tingkat validitas berada dalam kategori sangat valid (81–100%), dan rata-rata tingkat praktikalitas termasuk sangat praktis (81–100%). Hal ini membuktikan bahwa LKPD berbasis STEAM dapat menjadi media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik, khususnya dalam pembelajaran biologi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...