BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 5 No. 1 (2025)

ANALISIS PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TERHADAP KONSEP ZAT DAN PERUBAHAN ZAT

Firdaus, Alfariza Roudhatul (Unknown)
Erman, Erman (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2025

Abstract

Meningkatnya mutu pendidikan yang merupakan tujuan pendidikan nasional Indonesia berkaitan erat dengan hasil belajar. Hasil belajar terutama kemampuan kognitif didukung oleh kemampuan pemahaman konsep. IPA (Ilmu pengetahuan alam) yang merupakan ilmu abstrak dan kompleks, penting untuk dipelajari. Salah satu konsep dalam materi IPA yang menjadi dasar esensial dalam mempelajari IPA terutama materi kimia dan fisika adalah konsep zat dan perubahan zat. Untuk mengetahui pemahaman konsep peserta didik terhadap konsep zat dan perubahanya, diperlukan analisis pemahaman konsep. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menganalisis pemahaman peserta didik terhadap konsep zat dan perubahan zat. Metode kuantitatif dengan desain survei digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan informasi kemudian menganalisis guna meneliti kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Hasil penelitian yaitu pemahaman peserta didik terhadap konsep zat dan perubahan zat didominasi oleh kategori tidak paham, dengan pemahaman konsep dan miskonsepsi nyaris tidak memiliki perbedaan yang berarti.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...