Keterampilan proses sains (KPS) penting dalam pembelajaran IPA karena melatih siswa berpikir ilmiah melalui eksperimen dan observasi. Namun, praktik pembelajaran di SMP masih minim memberikan ruang untuk pengembangan KPS. Materi getaran dan gelombang yang bersifat konkret menjadi peluang untuk melatihkan KPS, dan model inkuiri terbimbing dapat menjadi alternatif yang efektif. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan KPS siswa melalui penerapan model tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan rancangan one group pre-test and post-test design. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas VIII-B SMP Labschool Unesa 1 sebanyak 30 siswa. Data dikumpulkan melalui tes dan dianalisis menggunakan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan proses sains siswa dengan perolehan rata-rata skor N-Gain sebesar 0,71 yang termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian, model pembelajaran inkuiri terbimbing terbukti mampu meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi getaran dan gelombang.
Copyrights © 2025