BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 5 No. 1 (2025)

PEMBELAJARAN IPA BERBASIS STRUCTURED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Amanda, Dia Rizkita (Unknown)
Martini, Martini (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas model pembelajaran inkuiri terstruktur dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungan di kelas VII SMP Negeri 53 Surabaya. Dengan desain kuantitatif pre-experimental jenis one group pretest-posttest, penelitian ini melibatkan 30 siswa yang dipilih melalui purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan pretest dan posttest yang terdiri dari soal esai berbasis taksonomi Bloom (C1–C4) dan dianalisis menggunakan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa mengalami peningkatan hasil belajar dengan 60% berada pada kategori sedang (0,3 ? g < 0,7) dan 40% pada kategori tinggi (g ? 0,7). Temuan ini menunjukkan bahwa model inkuiri terstruktur efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah pengetahuan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...