BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 5 No. 1 (2025)

PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF PADA MATERI STRUKTUR ATOM DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MENGGUNAKAN FLIP PDF CORPORATE

Butarbutar, Suryani (Unknown)
Zainul, Rahadian (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2025

Abstract

Rendahnya pemahaman peserta didik terhadap materi struktur atom, yang merupakan salah satu kompetensi penting dalam pembelajaran kimia, menjadi latar belakang pengembangan media pembelajaran yang berdiferensiasi dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta menguji kevalidan dan kepraktisan Modul Interaktif Struktur Atom berbasis pembelajaran berdiferensiasi dengan memanfaatkan platform Flip PDF Corporate. Modul dirancang untuk peserta didik fase E dengan memperhatikan perbedaan gaya belajar, yaitu visual, auditori, dan audio-visual, melalui penyajian materi dalam bentuk teks, gambar, audio, dan video animasi. Model pengembangan yang digunakan adalah 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Subjek penelitian melibatkan 35 peserta didik, tiga dosen kimia dari Universitas Negeri Padang, dan dua guru kimia SMA Negeri 1 Laguboti. Hasil validasi menunjukkan bahwa modul ini memiliki tingkat kevalidan sebesar 0,92 (kategori sangat valid), serta nilai kepraktisan sebesar 95,60% (kategori sangat praktis), sehingga layak digunakan dalam pembelajaran kimia di SMA.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...