BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 5 No. 1 (2025)

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMP KOSGORO KAYAWU

Angelica M., Grace (Unknown)
Naharia, Orbanus (Unknown)
Manampiring, Nonny (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan multimedia interaktif dalam pembelajaran biologi berbasis proyek penguatan profil pelajar Pancasila di SMP Kosgoro Kayawu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket (kuisioner), wawancara, dan tes. Instrumen penelitian berupa angket validasi ahli, angket respon guru dan sisiwa, lembar wawancara, serta tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan validasi oleh ahli media (89,5%) dan ahli materi (85,5%) termasuk pada kategori sangat layak digunakan. Uji coba pada kelompok kecil (89%) dan kelompok besar (86%) memperoleh termasuk pada kategori sangat layak, serta respon guru (75%) memperopleh hasil layak. Selain itu, hasil pretest dan posttest menunjukkan terdapat peningkatan pemahaman siswa. Dengan demikian, peneliti menyimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis proyek penguatan profil pelajar Pancasila dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran biologi di SMP Kosgoro Kayawu.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...