Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan multimedia interaktif dalam pembelajaran biologi berbasis proyek penguatan profil pelajar Pancasila di SMP Kosgoro Kayawu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket (kuisioner), wawancara, dan tes. Instrumen penelitian berupa angket validasi ahli, angket respon guru dan sisiwa, lembar wawancara, serta tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan validasi oleh ahli media (89,5%) dan ahli materi (85,5%) termasuk pada kategori sangat layak digunakan. Uji coba pada kelompok kecil (89%) dan kelompok besar (86%) memperoleh termasuk pada kategori sangat layak, serta respon guru (75%) memperopleh hasil layak. Selain itu, hasil pretest dan posttest menunjukkan terdapat peningkatan pemahaman siswa. Dengan demikian, peneliti menyimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis proyek penguatan profil pelajar Pancasila dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran biologi di SMP Kosgoro Kayawu.
Copyrights © 2025