SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 17, No 1: Juni 2025

PERAN AI DALAM PERSONALISASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA: KAJIAN SISTEMATIK BERBASIS LITERATUR 2018–2024

Harahap, Muhammad Syahril (Unknown)
Fadli, Veri Pramudia (Unknown)
Nasution, Febriani Hastini (Unknown)
Nasution, Nurhidaya Fithriyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara sistematik literatur terkait pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) dalam mendukung personalisasi pembelajaran matematika pada rentang tahun 2018 hingga 2024. Pendekatan yang digunakan adalah systematic literature review (SLR) dengan mengacu pada protokol PRISMA, yang mencakup tahap identifikasi, seleksi, kualifikasi, dan analisis. Data dikumpulkan dari tiga database utama, yaitu Scopus, Google Scholar, dan ERIC, dengan menggunakan kata kunci seperti "AI in mathematics education", "personalized learning", dan "adaptive learning". Dari 475 artikel, sebanyak 25 artikel yang memenuhi kriteria inklusi dianalisis secara tematik melalui metode PRISMA. Hasil kajian menunjukkan bahwa teknologi AI—terutama berbasis machine learning, natural language processing, dan deep learning memiliki peran penting dalam menyesuaikan materi ajar, kecepatan belajar siswa, serta memberikan umpan balik yang disesuaikan secara individual. Bentuk personalisasi yang umum meliputi pengaturan tingkat kesulitan soal, rekomendasi materi, hingga penggunaan tutor virtual. Sebagian besar studi menunjukkan peningkatan motivasi, keterlibatan, dan efektivitas belajar siswa. Kajian ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan sistem pembelajaran matematika yang lebih adaptif, inklusif, dan berbasis teknologi cerdas. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi sejumlah tantangan seperti keterbatasan infrastruktur dan kesiapan guru dalam mengimplementasikan AI secara optimal di kelas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

The aim of this journal is to publish research in mathematics education including teaching and learning, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, and educational development from many kinds of research such as survey, research and development, ...