BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 5 No. 1 (2025)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PREZI DENGAN METODE TUTOR SEBAYA PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT

Van Gobel, Novawati (Unknown)
Inganah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Prezi dengan metode tutor sebaya pada materi persamaan kuadrat untuk meningkatkan pemahaman siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMAN 1 Lolak di kabupaten Bolaang Mongondow. Instrumen pengumpulan data berupa angket validasi ahli media dan materi, serta tes hasil belajar siswa. Data hasil validasi dianalisis secara deskriptif kuantitatif, sedangkan data hasil belajar dianalisis menggunakan uji paired sample t-test untuk mengetahui perbedaan signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran Prezi dengan metode tutor sebaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Prezi yang dikembangkan valid dan praktis menurut ahli media dan materi. Implementasi media pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan setelah menggunakan media pembelajaran Prezi dengan metode tutor sebaya. Peningkatan ini mengindikasikan bahwa media pembelajaran Prezi dengan metode tutor sebaya efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa pada materi persamaan kuadrat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...