Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis etnopedagogi terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Matematika mahasiswa calon guru sekolah dasar. Pendekatan etnopedagogi dipilih sebagai bentuk integrasi nilai-nilai kearifan lokal dalam proses pembelajaran, guna memperkuat pemahaman konseptual dan relevansi materi dengan konteks budaya setempat. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri atas dua kelompok mahasiswa dari program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yang dipilih secara purposive sebanyak 60 mahasiswa. Data hasil belajar IPA dan Matematika dikumpulkan melalui tes terstandar dan dianalisis menggunakan teknik Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis etnopedagogi memberikan pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap peningkatan hasil belajar IPA dan Matematika yang ditandai dengan hasil analisis multivariat signifikansi (0.008) < 0.05. Temuan ini mengindikasikan bahwa pendekatan etnopedagogi dapat menjadi strategi pembelajaran yang efektif dalam mengembangkan kompetensi akademik mahasiswa calon guru, sekaligus memperkuat identitas budaya lokal dalam pendidikan.
Copyrights © 2025